Im always love you
Rabu, 04 Januari 2012
Motifasi dalam Belajar
Motifasi dan belajar merupakan dua hal yang saling memengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensi tejadi sebagai hasil dari praktik atau penguatan
(reinforced practice)
yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu.
Motifasi belajar dapat tumpuh karena faktor intrinsik , berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik. Tetapi harus diingat, kedua faktor tersebut disebabkan oleh rangsangan tertentu, sehingga seseorang berkeingonan untuk melakukan aktifata belajar yang lebih giat dan samangat.
Hakikat motifasi belajar adlah dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar untukn mengadakan perubahan tingkah laku, Pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal ini mempunyai peranan besar dalam keberasilan seseorang dalam belajar. Indikator motivasi belajar dapat diklisifikas sebagai berikut:
1.
Adanya hasrat dan keinginan berhasil.
2.
Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar.
3.
Adanya harapan dan cita-cita mas depan
4.
Adanya penghargaan dalam belajar
5.
Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar
6.
Adanya llingkkungan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik
>
Hamzah. 2010.
Teori Motifasi dan pengukurannya: Analisis di bibang Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar